-->

A. DISKRIPSI TRACER STUDY

Setiap alumni IIK BW wajib mengisi tracer study yang dilakukan beberapa waktu setelah alumni meninggalkan institusi pendidikan tingginya. Survey ini adalah survey standar yang dilakukan perguruan tinggi termasuk IIK BW untuk menilai kualitas pembelajaran dan tolak ukur keberhasilan alumni IIK BW.

Pengisian tracer study sangat diperlukan sebagai umpan balik dari alumni dan salah satu bentuk usaha IIK BW untuk memperbaiki sistem dan pengelolaan pendidikan. Tracer study bermanfaat dalam menyediakan informasi mengenai pengetahuan, skill, nilai akhir hingga transisi kedunia kerja dan sumbangsi alumni ke masyarakat sehingga hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja professional dapat diukur untuk menilai relevansi pendidikan tinggi, serta memberikan informasi bagi para pemangku kepentingan dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Selain itu, tracer Study juga dapat menyediakan informasi tentang biodata mahasiswa, pengalaman, motivasi, kondisi pembelajaran, profesi, hingga proses pengajaran dan pembelajaran ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk kepentingan evaluasi dan penjaminan kualitas sistem pendidikan di perguruan tinggi khususnya IIK BW. Disamping itu. Dengan demikian, penting bagi sebuah perguruan tinggi untuk melaksanakan tracer study secara berkelanjutan sebab alumni merupakan kunci penting bagi perguruan tinggi untuk melihat proses pendidikan dan outcame pendidikan secara objektif. Hasil dari Tracer Study yang dilaksanakan dengan terstruktur diharapkan dapat memberikan sumbangsi bagi perguruan tinggi untuk membuat kebijakan yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu perguruan tinggi tersebut.

 

B. CARA PENGISIAN TRACER STUDY
  1. Pengisian Tracer Study dapat dilakukan pada link berikut https://pbkbka.iik.ac.id/home/index.php?opt=guest-login
  2. Klik pada Menu Tracer Study kemudian pilih login
    • Username Anda adalah 5 huruf pertama nama Anda (dalam huruf kecil) dan tanggal lahir anda (tanpa spasi) dengan format ddmmyy.
      Contoh : untuk nama Setiawan Bima dengan tanggal lahir 1 Maret 1980 = setia010380.
      Jika nama pertama Anda kurang dari 5 huruf maka gabungkan dengan nama tengah/belakang Anda agar menjadi 5 huruf.
      Contoh : untuk nama Bima Setiawan=bimas.
    • Default password adalah tanggal lahir Anda,dengan format ddmmyy.
      Contoh:untuk 1 Maret 1980= 010380.
    • Silahkan melakukan pengisian biodata Anda, jika Anda belum bekerja maka lakukan pengisian sampai “Bagian 3” dan pilih jawaban “Belum atau Tidak Bekerja”, apabila Anda sudah bekerja atau berwirausaha maka lakukan pengisian sampai “Bagian 5” dan pilih jawaban “Bekerja atau Berwirausaha”